Ketentuan membawa baterai drone naik ke dalam pesawat diatur dalam surat edaran (SE) yang diterbitkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Senin (27/6/2022) lalu. 

Melalui SE bernomor AU.201/16/23/DJPU.DKP-2022, Kemenhub merilis SE terkait petunjuk teknis pesawat udara kecil tanpa awak (small unmanned aircraft system atau drone) yang dibawa penumpang ke dalam pesawat udara.

Surat Edaran bernomor AU.201/16/23/DJPU.DKP-2022 Tentang penanganan pesawat udara kecil tanpa awak yang dibawa penumpang ke dalam pesawat udara dilakukan oleh Badan Usaha Angkatan Udara dan Perusahaan Angkutan Udara Asing serta Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara dan Badan Usaha Bandar Udara.

Surat Edaran tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Direktur Keamanan Penerbangan Budi Prayitno di Jakarta, 27 Juni 2022.

Badan Usaha Angkatan Udara dan Perusahaan Angkutan Udara Asing bertugas menanyakan kepada setiap penumpang pada saat proses lapor diri (check-in) terkait kemungkinan membawa pesawat udara kecil tanpa awak.

Kemudian memastikan bahwa pesawat udara kecil tanpa awak mengandung baterai lithium atau lithium-ion yang harus memenuhi sejumlah kriteria. Adapun kriteria tersebut adalah sebagai berikut

Kriteria Membawa Baterai Drone naik pesawat

  1. Baterai lithium atau lithium-ion harus dilepas/terpisah dari drone Baterai lithium atau lithium-ion drone harus diangkut sebagai bagasi kabin.
  2. Baterai lithium atau lithium-ion harus mempunyai daya jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh.
  3. Baterai lithium atau lithium-ion yang mempunyai daya jam lebih dari 100 Wh tapi tidak lebih dari 160 Wh harus mendapat persetujuan dari badan usaha Angkutan Udara dan/atau Perusahaan Angkutan Udara Asing
  4. Baterai lithium atau lithium-ion yang mempunyai daya jam lebih dari 160 Wh atau besarnya daya jam tidak dapat diidentifikasi maka dilarang dibawa ke pesawat udara.
  5. Baterai lithium atau lithium-ion cadangan yang diizinkan dibawa setiap penumpang paling banyak dua unit.
  6. Baterai lithium atau lithium-ion cadangan harus ditempatkan dalam bagasi kabin dan dilindungi secara terpisah sehingga tidak terjadi hubungan arus pendek.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mendownload Surat Edaran tersebut disini.

Cara Menghitung Wh pada Baterai

Sebagian besar baterai drone konsumen kecil memiliki kurang dari 100 Wh, tetapi penting untuk memverifikasi Wh baterai spesifik Anda.

Untuk menentukan watt hour, kalikan volt dengan ampere hours (Wh = V x Ah).

Contoh: Baterai 12 volt dengan nilai 8 Amp jam memiliki daya 96 watt jam (12 x 8 = 96).