Drone thermal adalah sebuah perangkat drone yang bisa digunakan untuk melaksanakan thermografi udara. Atau istilah yang paling sering digunakan adalah Aerial Thermography.

Kalau kita perhatikan, saat ini tidak sedikit perusahaan drone yang menyediakan drone dengan kelengkapan kamera thermal ini. Terutama DJI, kerapkali mengeluarkan drone thermal, salah satunya adalah DJI Mavic 2 Enterprise Dual Thermal.

Berikut ini adalah 6 hal yang bisa dilakukan oleh Drone Thermal, di berbagai bidang.

1. Inspeksi Jaringan Listrik

Salah satu dari banyak kegunaan termografi udara, atau Aerial Thermography, adalah untuk mencegah kebakaran yang terjadi akibat masalah jaringan listrik.

Drone Thermal bisa mendeteksi titik lemah dalam jaringan transmisi dan distribusi, yang merupakan sistem jalur interkoneksi sumber energi listrik yang sangat kompleks, drone yang dilengkapi dengan sistem pencitraan termal dapat mengidentifikasi area masalah sebelum kerusakan atau kebakaran terjadi.

Aerial Thermography untuk Inspeksi tengangan tinggi dengan drone thermal

Video dari Workswell diatas menunjukkan bagaimana cara kerja drone thermal, untuk memantau area bermasalah di saluran listrik. Permasalahan bisa terdeteksi menggunakan termografi udara. 

Bayangkan jika mencoba menemukan area masalah yang sama secara manual.

2. Mendeteksi Bara Api

Pulau Kalimantan dan Sumatera sering terjadi kebakaran Gambut pada musim kemarau setiap tahunnya.

Karakteristik gambut yang sering menyembunyikan bara api dibawah permukaan, seringkali menyusahkan tim pemadam untuk mendeteksi adanya titik api.

Tidak hanya pada Gambut, pada kebarakan gedung juga kerapkali, setelah kebakaran padam, masih ada bara api yang sulit terdeteksi dengan mata telanjang.

Aerial Thermography sangat membantu untuk mendeteksi bara api tersebut.

Bagaimana drone bekerja membantu memantau pemadaman kebakaran

Dengan bantuan drone thermal, para pemadam kebakaran bisa memusatkan energi untuk menunju titik – titik yang diperlukan. Sehingga pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien.

Jika anda membutuhkan jasa Drone, Anda bisa menghubungi Drone Indonesia di halaman kontak.

3. Inspeksi Panel Surya

Drone Thermal untuk inspeksi Solar Panel

Jika panel surya tidak berfungsi, ini bisa berarti hilangnya energi potensial yang dikumpulkan setiap hari. Tetapi inspeksi manual memakan waktu dan terkadang mahal. Terutama karena solar panel cukup luas.

Dengan menggunakan termografi udara, seluruh bidang panel surya dapat diperiksa dengan cepat, memeriksa setiap titik panas di mana mungkin ada area bermasalah.

4. Untuk Search & Rescue

Ketika seseorang tersesat, waktu adalah segalanya. Apakah iklimnya panas atau dingin, semakin lama mereka berada di luar, semakin berbahaya situasinya.

Karena drone dapat mencakup area yang sangat luas dalam waktu singkat, menggunakan termografi udara untuk menemukan orang yang tersesat di luar ruangan sangat masuk akal, dan bisa menyelamatkan nyawa.

Penggunaan Drone Thermal untuk search and rescue

Selain itu, jika seseorang terluka atau terlalu lemah untuk berteriak minta tolong, tim pencari secara manual bisa saja berjalan tepat di dekat orang yang mereka coba selamatkan tetapi tidak melihatnya.

Dengan drone thermal, yang harus Anda lakukan hanyalah mencari tanda panas dari orang yang ingin Anda selamatkan.

5. Drone Thermal Untuk pengamatan Satwa

Dengan kemampuannya dalam mendeteksi panas, Droen Thermal sangat membantu untuk mengamati keberadaan satwa.

Pengamatan Satwa Mamalia dengan drone

Tim harimau di Riau dan Tim Orang Utan di Kalimantan, saya fikir bisa menggunakan teknologi ini untuk membantu pekerjaannya.

Orang utan kalimantan, sangat pandai bersembunyi, sehingga kita akan kesulitan untuk menemukan satwa tersebut.

Namun dengan bantuan sensor thermal, membuat kita bisa menemukan satwa tersebut dengan mudah.

6. Drone Thermal untuk pengamanan

Teknologi pengawasan Drone mengalami kemajuan pesat dan semakin banyak perusahaan yang mengintegrasikan sistem pesawat tak berawak ke dalam operasi keamanan dan pengawasan mereka.

Drone untuk pengawasan keamanan pertama kali digunakan di sektor militer; namun, ia terus bermigrasi ke sektor komersial dan publik. Drone pengawasan dapat digunakan untuk banyak tugas.

Ketika ada kebutuhan untuk menyediakan keamanan dan memastikan keamanan kelompok orang atau lokasi sensitif, pengawasan drone adalah solusi akhir.

Hal ini terutama berlaku dalam kasus di mana area, seperti lokasi pertambangan atau konstruksi, memerlukan pemantauan real-time dan respons cepat untuk memastikan keselamatan dan keamanan. Perusahaan di berbagai industri mengakui keuntungan dari keamanan drone dan pengawasan dalam hal respons cepat mereka.

Pengamanan menggunakan drone thermal

Salah satu bentuk pemanfaatan drone thermal adalah untuk pengamanan.

Dengan bantuan drone thermal, proses mendeteksi penyusup lebih mudah, terutama pada malam hari.

Drone dapat digunakan untuk menyelidiki ancaman dari udara dan dapat digunakan oleh tim pengawasan untuk mengevaluasi situasi kritis dan membantu mereka membuat keputusan terbaik.

Drone keamanan dapat menilai situasi jauh lebih cepat daripada yang dapat dilakukan oleh responden dengan berjalan kaki.

Konklusi Drone Thermal

Penggunaan drone thermal memang sangat banyak manfaatnya. Namun tentu saja hal – hal seperti jenis sensor dan regulasi menjadi faktor pembeda yang harus di cermati.

Beberapa sensor hanya bisa digunakan pada jarak tertentu, jadi harus paham benar dengan kebutuhan ketika akan memilih sensor thermal yang digunakan.

Memahami regulasi juga sangat penting, pilot drone harus juga di sertifikasi. Anda bisa mengikuti sertifikasi yang dilakukan oleh Remote Pilot Academy.

Selain untuk Aerial Thermography, drone juga bisa digunakan untuk Aerial Photogrametry. Namun tentu dengan spesifikasi khusus. Anda bisa membaca 4 Rekomendasi Drone Untuk Pemetaan.